Minggu, 20 Mei 2012

Kiat Merawat Kulit Saat Berpuasa

Diposting oleh ririn anggraeni di 21.52
Assalamu'alaikum ladies....


how your day???? still enjoy your day,isn't it????hehehe :-D
2 month again,we will meet Ramadhan month girl,, 
which months has been waiting all Muslims people.. :-D
so,don't forget to replace our fasting last year girl??? are you finished???
this time,I post about how we keep our skin in Ramadhan month??
stay beautiful while fasting girl...


Selama puasa, kita akan berkurang dalam mengkonsumsi cairan. Padahal cairan adalah sesuatu zat yang harus ada dalam memenuhi kebutuhan sehari2. Kekurangan cairan atau dehidrasi akan menyebabkan tidak normalnya pencernaan, sakit pinggang, kekentalan darah, dan yang sangat berpengaruh yaitu kebutuhan kulit. Apabila mengalami dehidrasi, kulit akan menjadi kasar, kusam dan yang lebih parah adalah timbulnya pecah-pecah. Berikut adalah tips untuk perawatan kulit selama puasa agar kulit tetap terawat:

1. Oleskan pelembab kulit (body lotion) segera setelah mandi
Pelembab mampu mempertahankan kulit tetap segar dan lembab. Body lotion menahan air yang ada di kulit sehabis mandi, air tidak mudah menguap atau hilang sehingga membantu mempertahankan kelembapan kulit. Untuk menjaga kekeringan pada kulit selama menjalankan ibadah puasa, biasakan mengoleskan sesering mungkin body lotion pada kulit.

2. Usahakan mandi dengan air dingin
Mandi dengan air panas dapat mengakibatkan hilangnya lemak pada lapisan epidermis kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu selama menjalankan ibadah puasa, lebih baik mandi menggunakan air dingin.

3. Gunakan sabun seminimal mungkin
Penggunaan sabun, apalagi berlebih, bisa membuat kulit kering. Sebab, sekalipun mengandung pH balance hingga noniritasi, selain melepaskan kotoran yang menempel pada kulit, sabun juga akan membuang lemak dan minyak yang menempel di kulit. Saat berpuasa, keringat akan sedikit berkurang sehingga penggunaan sabun dapat dikurangi dibandingkan pada hari biasa. Utamakan pada daerah yang berkeringat.

4. Saat berbuka hindari makanan yang “berat”
Ketika berbuka puasa hendaknya jangan makan terlalu banyak, tapi lakukan secara bertahap dan mulailah mengkonsumsi manis2 seperti kurma, aneka kolak namun jangan terlalu banyak makanan dan minuman yang maniiiis. Kurang lebih satu jam kemudian, lengkapi dengan makanan yang mengadung karbo, protein, vitamin dan mineral.

5. Atur menu makan sahur dan berbuka
Konsumsi makanan bergizi dengan mengatur sedikit karbo kompleks, lebihkan protein, vitamin dan mineral. Apabila memungkinkan konsumsi susu.

6. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur
Agar terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan untuk menjaga kebugaran, kesehatan, kesegaran tubuh, serta kecantikan kulit selama berpuasa, minumlah banyak air putih pada waktu sahur dan berbuka puasa, paling sedikit 3-4 gelas. Pasalnya, air putih sangat mudah dan cepat diserap oleh tubuh. Selain itu, makanlah makanan yang mengandung air, seperti sayuran dan buah-buahan segar.

7. Konsumsi vitamin dan multivitamin
Agar selalu tampak cantik dan bugar selama puasa, pastikan anda cukup mengkonsumsi vitamin A, C, dan E untuk menjaga kehalusan kulit. Jika merasa diperlukan konsumsilah multivitamin namun sebaiknya berkonsultasi terhadap dokter apabila hendak menggunkan multivitamin.

8. Hindari makanan sahur yang berlebihan
Makan sahur sebaiknya tidak melebihi makanan sehari2 yaitu kira2 sepertiga dari kebutuhan perhari dan hindari makanan yang terlalu kenyang. Makan sahur yang terlelu kenyang dapat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah dan menyebabkan produk hormone insulin meningkat sehingga tubuh mudah lelah, letih, lemah, lesu, sakit kepala, sakit perut dan selalu mengantuk.

9. Makan sahur di akhir waktu
Selain hukumnya sunnah, makan sahur kira2 setengah jam sebelum waktu imsyak akan mencegah merasa lapar. Pilihlah jenis makanan yang mengenyangkan seperti nasi, sumber protein, nabati dan sayuran yang berserat tinggi. Bagi anda yang tidak memilih nasi untuk makan sahur, pilih roti gandum dan susu rendah lemak/tinggi protein sebagai santapan sahur anda.

10. Tetap gunakan scrub untuk mengelupaskan sel kulit yang mati
Untuk merawat kulit wajah selama menjalankan puasa, lakukan facial untuk membersihkan, melembapkan dan mengangkat sel kulit mati, huga foot scrubbing untuk merawat area kaki.

11. Gunakan pelembap bibir yang mengandung gliserin atau vaselin
Agar bibir tidak kering selama menjalankan ibadah puasa, rawatlah bibir dengan menggunakan lip conditioning / pelembab yang mengandung gliserin yang dapat dibeli di toko atau apotik.

12. Lakukan olahraga ringan
Olah raga baik untuk melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku. Olah raga ringan sangat penting untuk dilakukan selama ibadah puasa agar darah yang beredar dengan membawa oksigen mampu meyalur ke sel-sel kulit sehingga kulit menjadi sehat. Lakukan olah raga ringan 1- 2 jam sebelum berbuka puasa.

ready for welcome our beloved month girl???? 
keep beauty,,

sweet Hug,,

*yiyin*





0 komentar:

Posting Komentar

 

Ririn Anggraeni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review