Selasa, 26 Juni 2012

Penyakit Pada Wanita

Diposting oleh ririn anggraeni di 21.54
Assalamu'alaikum ladies,,,
waw,,so long time I were not posted in my blog...so miss U all friend,,
this time I'll post something that really important for you all girls,,,
so let's cekidot and happy healthy guys,,,

Masalah kesehatan wanita dan gangguan kesehatan pada wanita cukup banyak, sementara untuk mendapatkan tubuh sehat bugar serta seksi tentu bukan hal yang mudah jika tak memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan.
Selain menjaga kesehatan juga harus memperhatikan gejala yang timbul pada diri anda. Badan seksi dan sehat adalah impian kaum wanita. Namun, sering kali kaum perempuan justru tidak sadar penyakit yang tengah dideritanya, karena itu pengetahuan tentang penyakit, penyebab serta gejalanya perlu anda ketahui sekarang juga.

A. Keputihan
Merupakan jenis penyakit wanita yang di tandai dengan keluarnya cairan tidak normal pada vagina,biasannya disertai dengan rasa gatal pada Vagina dan bagian lua vagina,berbau busuk, terasa nyeri waktu buang air kecil dan sewaktu melakukan hub.seks.
Keputihan bukan penyakit tersendiri,tetapi dapat merupakan gejala penyakit lain.
*Penyebab keputihan antara lain: infeksi oleh mikroorganisme (jamur Candida albicans, bakteri Neisseria gonorrhoea, parasit Trichomonas vaginalis), gangguan keseimbangan hormon, stres dan kelelahan kronis, peradangan alat kelamin, atau merupakan gejala adanya penyakit dalam organ kandungan seperti Kanker Rahim, dan sebagainya.

B. Gangguan Menstruasi
Menstruasi merupakan pendarahan bulanan yang berasal dari pelapis rahim melalui vagina pada wanita yang seksual dewasa dan tidak hamil. Lamanya pendarahan menstruasi rata-rata berlangsung antara 3-5 hari dengan siklus rata-rata 28 hari. Dalam kondisi normal, menstruasi tidak menyebabkan gangguan yang cukup berarti. Namun pada sebagian wanita, menstruasi terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan menjadi sangat menyiksa karena rasa sakit yang luar biasa.
*Penyebab menstruasi tidak teratur karena adanya gangguan hormon ataupun faktor psikis, seperti stress, depresi, dan lain-lain yang dapat mempengaruhi kerja hormon.

C. Kista Ovarium
Yaitu suatu kantong abnormal berisi cairan atau setengah cair yang tumbuh dalam indung telur (ovarium). Kista Ovarium biasanya tidak bersifat kanker, namun walaupun kista tersebut kecil diperlukan perhatian lebih lanjut untuk memastikan kista tersebut tidak berupa kanker.
Kista ovarium yang berukuran kecil biasanya tidak menunjukan gejala atau rasa sakit, kecuali kalau pecah atau terpuntir yang menyebabkan sakit yang hebat di daerah perut bagian bawah, dan kaku. Kista yang berukuran besar atau berjumlah banyak dapat menimbulkan gejala seperti rasa sakit pada panggul, sakit pinggang, sakit saat berhubungan seksual, pendarahan rahim yang abnormal.
*Penyebab Kista Ovarium yaitu terjadinya gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus, hipofise, atau indung telur itu sendiri. Kista indung telur timbul dari folikel yang tidak berfungsi selama siklus menstruasi.

D.Kanker Payudara
Merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang menyerang wanita Indonesia. 
kanker payudara menyerang wanita yang telah berumur 40 tahun ke atas. Wanita yang belum pernah melahirkan, mengalami kehamilan pertama di atas usia 35 tahun, tidak pernah menyusui anak, mengalami siklus menstruasi yang panjang (mendapat haid pertama kurang dari 12 tahun dan menopause lebih dari 50 tahun), 
pernah mendapat radiasi pada payudara, mempunyai keluarga yang menderita penyakit ini, memiliki resiko tinggi untuk menderita kanker payudara
Adanya benjolan kecil pada jaringan di sekeliling payudara, terasa keras, adanya kerutan-kerutan pada kulit payudara, keluarnya darah atau nanah dari puting susu, perubahan pada puting susu seperti gatal, terasa terbakar, dan tertarik ke dalam, dapat menjadi tanda-tanda kemungkinan terjadinya kanker payudara. *penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti, tetapi faktor yang memegang peranan dalam proses kejadian tumor adalah hormon estrogen.

E. Kanker Leher Rahim
Merupakan jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita Indonesia. Tingginya kasus kematian yang disebabkan oleh kanker serviks pada wanita Indonesia karena umumnya baru diketahui setelah stadium lanjut.
*Gejala kanker serviks tergantung pada fase pertumbuhan. Pada fase dini (preinvasif) sering tidak menimbulkan gejala atau hanya sedikit sekali gejala, seperti keputihan. Pada fase invasif (lanjut) menyebabkan pendarahan vagina di luar masa haid, sakit dan pendarahan setelah bersenggama, rasa sakit pada daerah panggul, nafsu makan hilang, berat badan hilang, dan anemia karena pendarahan.
*Penyebab kanker serviks belum diketahui secara pasti, namun diduga sekitar 95 % oleh sejenis virus Human Papilloma Virus (HPV), virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. 
Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya kanker serviks, yaitu:
- Sering berganti pasangan hubungan seksual
- Berhubungan seksual di usia muda
- Kehamilan berulangkali (sering melahirkan)
- Infeksi virus pada serviks
Lebih Jauh tentang Infeksi Vagina

BACTERIAL vaginosis merupakan salah satu jenis infeksi vagina yang disebabkan oleh bakteri dan paling sering ditemui pada perempuan. Biasanya, infeksi ini tergolong ringan dan mungkin hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika tidak segera ditangani penyakit ini bisa berkembang menjadi masalah serius.

F. Hamil di Luar kandungan
adalah kehamilan dimana sel telur (Ovum) yang sudah dibuahi oleh spermatozoon tidak berada (Implantasi) di rongga rahim (Endometrium)
Berdasarkan tempatnya, kehamilan diluar kandungan terdiri atas : Kehamilan Tuba, Kehamilan pada Leher Rahim (Servikalis), Kehamilan Indung Telur (Ovarium), Kehamilan Jaringan Ikat rahim (Intra Ligamenter), Kehamilan Rongga Perut (Abdomen), Kehamilan Kombinasi.

G.Keguguran
adalah kehilangan kandungan pada saat janin berusia di bawah 20 minggu, bila lebih dikatakan sebagai kelahiran prematur. Pada umumnya wanita dapat kembali hidup normal pasca keguguran, asalkan terjadi dengan sempurna, keguguran tidak akan membahayakan.
Calon Ibu dapat kembali setelah mengalami periode menstruasi.

May be usefull for you girls... :D

Sweet Hug *yiyin*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ririn Anggraeni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review